Beberapa Istilah Makanan Jepang Yang Perlu Anda Pahami

Istilah makanan Jepang ini sebenarnya familiar di telinga pencintanya. Tetapi bagi yang baru, istilah ini tampak sangat asing dan terkesan aneh. Padahal, istilah ini pasti sering dijumpai ketika memasuki restoran Jepang.

Berada di kawasan Benua Asia, membuat Jepang dengan segala isinya mampu beradaptasi dan diterima baik di Indonesia. Apalagi untuk urusan makanan khasnya. Buktinya berbagai hidangan khas Jepang berhasil masuk ke dalam deretan makanan populer yang disukai warga lokal. Mulai dari ramen, sushi, sashimi, bento, hingga olahan daging bbq.

Meskipun demikian, ada cukup banyak istilah yang ada di menu makanan Jepang yang belum familiar di telinga masyarakat Indonesia. Memangnya apa saja ketujuh istilah tersebut?

Istilah Yuki
Ada cukup banyak menu makanan di Restoran Jepang dengan unsur Yuki di dalamnya. Misalnya saja seperti Yukisabo, Teppanyuki, dan Tamagoyaki. Pertanyaannya tahukah Anda arti kata Yuki ini?

Dalam bahasa Jepang Yuki sendiri memiliki arti goreng. Artinya semua makanan Jepang dengan unsur nama Yuki di dalamnya ini dimasak dengan cara digoreng. Bagaimana, sudah paham kan sekarang?

Istilah Donburi/Don
Sudah tahukah Anda jika ternyata kata Don dalam sajian khas Jepang merupakan singkatan dari Donburi. Sementara itu, Donburi sendiri dalam bahasa Jepang memiliki arti mangkuk. Dengan demikian makanan di restoran Jepang dengan nama Don umumnya disajikan dengan mangkuk, seperti rice bowl.

Untuk Anda yang sering masuk ke restoran Jepang pastinya sudah tidak asing dengan salah satu menu Don ini. Misalnya saja seperti Katsudon. Sajian yang berisi nasi yang disajikan dengan ayam atau daging di atasnya.

Istilah Aburi
Makanan yang mengandung unsur Aburi di dalam namanya ini mengartikan olahan yang dibakar. Nah, untuk Anda yang suka dengan menu makanan yang dibakar, maka pilihlah yang ada unsur Aburi di dalamnya.

Ada cukup banyak menu di restoran Jepang yang diolah dengan cara dibakar. Misalnya saja seperti jenis ikan-ikanan, sushi, hingga sashimi. Ingat, jangan sampai Anda salah pilih menu makanan yang disediakan.

Istilah Shiru
Dalam bahasa Jepang, Shiru atau Jiru memiliki arti sup. Artinya semua hidangan yang bernama Shiru atau Jiru ini berarti berbentuk sup. Untuk Anda para penggemar sup, sup yang ada di restoran Jepang dikenal memiliki cita rasa yang tiada duanya.

Sementara itu salah satu contoh menu restoran Jepang yang ada unsur Shiru atau Jiru di dalamnya adalah Miso Shiru. Miso Shiru sendiri dikenal sebagai sup dengan kuah miso dan juga Butajru yang memiliki arti sup dengan daging babi.

Istilah Age
Menu yang ada unsur age di dalamnya mengartikan jika menu tersebut cara pengolahannya dengan cara digoreng. Namun digorengnya dengan menggunakan teknik deep fry. Misalnya saja seperti chicken karaage.

Istilah Mushi
Mendengar kata Mushi pasti langsung teringat dengan salah satu menu restoran Jepang bernama Chawanmushi. Sebuah olahan telur yang dikukus dan memiliki tekstur sangat lembut. Nah, kata Mushi dalam menu di restoran jepang memiliki arti masakan yang diolah dengan cara dikukus.

Istilah Maki
Kata maki seringnya berada di belakang pilihan menu sushi. Sebab pada dasarnya maki sendiri berarti gulung.

Masih banyak sekali istilah yang mencerminkan suatu menu. Dari sekian banyaknya istilah, istilah makanan Jepang yang disebutkan sudah cukup familiar. Jika Anda berkunjung ke restoran Jepang, Anda akan sering mendengar atau ditanya mau pesan menu dengan istilah tersebut.

Leave a Reply